Sabtu, 07 Maret 2020

Ekliptika


Ekliptika
Bumi berputar pada porosnya (berotasi) ketika sedang berputar mengelingi matahari (berevolusi). pada saat Revolusi Bumi inilah seolah-olah Matahari yang mengelilingi bumi, sehingga ada lintasan semu matahari pada bola langit apabila dilihat dari bumi, hal ini dinamakan dengan Ekliptika. Disebut demikian karena lintasan Ekliptika ini hanya terjadi pada saat bulan dekat atau berada dalam lintasan semu matahari. 

Bidang datar dari lintasan ini  disebut bidang datar ekliptika, yang memotong garis ekuator membentuk sudut 23°27’. Sudut ini merupakan tingkat kemiringan bidang ekliptika dan hampir konstan dengan periode lebih dari jutaan tahun, meskipun dimasa sekarang lengkungan tersebut menyusut 48 sekon setiap satu abad dan akan terus menyusut hingga mencapai 22°54’ dalam beberapa millenium, lengkungan tersebut nantinya akan meningkat kembali.

Jadi Elliptika secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

Ekliptika pada planet atau benda-benda langit lainnya misalnya bintang adalah merupakan suatu bidang edar atau garis lintasan yang berupa garis khayal yang menjadi jalur lintasan benda-benda langit tersebut dalam mengelilingi suatu titik di Galaksi Bima Sakti atau pada galaksi lainnya

Dua titik yang saling memotong garis ekuator dinamakan noes atau equinoxes

 Home



Sumber Pustaka :
Ismadi, J. 2008. Sahabatku Ensiklopedia IPA Untuk SMP.  Jakarta. Ricardo.
Sumber Gambar :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ekliptika

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
F
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post